Saturday, October 29, 2016

keutamaan shalat berjamaah di masjid

 Satu diantara syariat yang yang di ajarkan baginda Nabi Muhammad saw. merupakan shalat oleh berjamaah. Berjamaah merupakan cara yang dikerjakan dengan Rasulullah serta beberapa sahabatnya dalam menggerakkan shalat fardlu. Berjamaah ini juga adalah satu diantara cara ibadahnya beberapa malaikat, maka karena sangat utamanya lakukan shalat oleh berjamaah, Rasulullah saw menyampaikan kabar mengenai banyak keutamaan shalat oleh berjamaah. Selain keutamaan shalat berjamaah dalam pahala atau nilai kebaikan di hadapan Allah, shalat oleh berjamaah di Masjid pula bisa tingkatkan nilai-nilai kebersamaan, sama-sama menyukai sesama muslim, sama-sama mengasihi, sama-sama mengetahui serta adalah lambang kemampuan iman seorang.

Kalian dapat pikirkan bagaimana apa bila umat Islam di semua jagat mengamalkan amalan shalat berjamaah jadi bakal adalah satu kemampuan muslim yang begitu besar, yang bakal memberi dampak yang mengagumkan untuk sesama muslim, serta pula bakal memengaruhi sikap menghormati besutan pemeluk agama lain bagi pemeluk Muslim. Rasulullah saw sudah mengajarkan umat ini dalam lakukan shalat berjamaah, terdapat yang dikerjakan satu hari 5 kali yaitu dalam menggerakkan shalat fardlu, terdapat yang dikerjakan satu minggu sekali yaitu menggerakkan shalat jumat, terdapat yang disyariatkan satu tahun sekali yaitu membangun shalat berjamaah ied, elegan iedul adha mapun iedul fitri. Yang semasing memiliki nilai serta keutamaan sendiri.
shalat berjamaah
Rasulullah saw sepanjang hayatnya senantiasa lakukan shalat oleh berjamaah di Masjid, begitu juga beberapa shahabat ikuti seruan baginda Nabi saw. Karena sangat utamanya shalat berjamaah, terdapat seseorang yang buta, jadi ia minta kemudahan kepada lakukan shalat dirumah, Rasul saw juga ajukan pertanyaan " apakah anda mendengar adzan? " jadi seseorang teman dekat yang buta menjawab "ya", jadi beliau menjawab penuhilah panggilan adzan itu.

keutamaan shalat berjamaah di masjid

1. Besutan Ibnu Umar ra sebenarnya rasulullah bersabda : shalat berjamah unggul paling utama dari pada shalat sendirian oleh tujuh puluh derajat. Dalam kisah lain : oleh dua puluh lima derajat. (Muttafaq alaih)

2. "Barangsiapa bersuci di tempat tinggalnya sebelumnya pergi ke masjid kepada menunaikan solat yang sudah Allah wajibkan padanya, jadi tiap-tiap langkahnya meniadakan satu dosa serta cara yang satunya mengangkat satu tingkat derajatnya. " (HR. Muslim)
3. Keutamaan shalat berjamaah serta takbiratul ihram : Besutan Anas bin Malik ra berkata : rasulullah saw bersabda : barangsiapa yang shalat berjamaah kepada Allah sepanjang empat puluh hari, yang mana ia memperoleh takbiratul ihram berbarengan imam, jadi ditulis baginya dua kebebasan : bebas besutan neraka, serta terlepas besutan karakter munafik (HR. Tirmidzi)
4. "Berilah berita senang pada beberapa orang yang 'berjalan' didalam kegelapan malam menuju masjid oleh sinar yang bakal diperolehnya selanjutnya hari kiamat. " (Shahih HR. Abu Daud serta Tirmidzi).

5. Besutan Buraidah r. a. besutan Nabi s. a. w., sabdanya : "Sampaikanlah informasi senang pada beberapa orang yang jalan di saat malam ke masjid-masjid bahawa mereka bakal memperolehi sinar yang prima besok selanjutnya hari kiamat. " (Kisah Abu Dawud serta Termidzi

6. Nabi saw. bersabda "Jikalau engkau semuanya lihat seorang membiasakan -pulang pergi – ke masjid, jadi saksikanlah ia oleh keimanan -yakni bahawa orang itu betul-betul orang yang beriman. Allah Azza wa jalla berfirman : "Bahwasanya yang menyemarakkan masjid-masjidnya Allah adalah orang yang beriman pada Allah serta hari akhir. "* hingga ke akhir ayat. 7. "Barangsiapa yang jalan menuju ke masjid (kepada solat) serta pulang sesudahnya jadi Allah bakal menghadirkan satu rumah di surga untuk dia, elegan saat pergi ataupun pulang. " (HR. Ahmad).

8. Nabi saw bersabda yang berarti : Siapa saja yang aktif sholat 5 saat dengan cara berjamaah, sepanjang 40 hari empat puluh malam, jadi baginya bakal memdapatkan 5 perkara, yakni : tak akan menanggung derita fakir atau miskin di jagat, selamat besutan siksa pendam, terima catatan amal nya oleh tangan kanan nya, melewati shirath seperti kilat menyambar, sebab cepat nya, serta Allah memasukkan nya ke surga tanpa ada dihisab.
keutamaan shalat berjamaah di masjid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment